Faktor Penyebab Osteoporosis Pada Usia Muda Pada Pria dan Wanita

Siapa bilang anak muda tidak bisa terkena osteoporosis atau pengeroposan tulang? Bisa, kok. Yuk! Ketahui faktor-faktor yang menjadi penyebab osteoporosis pada usia muda pada pria maupun wanita.

Dengan Anda mengetahui faktor penyebab maupun pemicunya, Anda menjadi lebih mudah untuk melakukan pencegahan. Pasalnya, dengan menghindari faktor risikonya, Anda bisa terhindar dari kemungkinan terkena osteoporosis di usia muda.

Nah, sebelum saya berikan informasi mengenai faktor-faktor yang bisa menyebabkan terjadinya osteoporosis atau pengeroposan tulang pada usia muda, mari kita ketahui dulu sekilas mengenai osteoporosis itu sendiri.

Penyebab Osteoporosis Pada Usia Muda

copyright : WebMD

Osteoporosis Adalah

Kondisi dimana tulang penderitanya mengalami pengurangan massa atau kepadatan yang mana kondisi tersebut membuat tulang menjadi rapuh dan mudah patah, walaupun hanya dengan cedera ringan seperti keseleo.

Osteoporosis identik dengan lansia atau orang tua. Padahal, kenyataannya osteoporosis dapat terjadi pada siapapun tanpa melihat usia. Karena, pada beberapa kasus osteoporosis ditemukan terjadi pada anak-anak dan remaja.

Benarkah Osteoporosis Lebih Banyak Terjadi Pada Wanita Daripada Pria?

Berdasarkan data yang ada, penderita osteoporosis didominasi oleh wanita ketimbang laki-laki. Beberapa ahli mengatakan, bahwa hormon wanita, khususnya estrogen yang tidak stabil pasca menopause memiliki peran yang cukup besar dalam proses pengeroposan tulang pada wanita lanjut usia.

Kendati demikian, osteoporosis ini dapat dicegah, kok. Salah satunya dengan menjaga pola hidup sehat, termasuk menjaga setiap asupan makanan yang akan dikonsumsi dan tetap melakukan olahraga.

Jogging atau lari dipercaya dapat membantu mencegah terjadinya osteoporosis, lho. Kendati demikian, tidak boleh dilakukan secara berlebihan dan harus selalu disertai pemanasan dan pendinginan untuk meminimalisir cidera.

Bagaimana Osteoporosis Terjadi Pada Usia Muda ?

Ada banyak faktor yang dapat mempengaruhi terjadinya osteoporosis atau pengeroposan tulang pada usia muda. Di mulai dari makanan yang dikonsumsi sampai dengan kebiasaan yang dilakukan setiap harinya.

Selain itu, ada faktor lain yang berhubungan dengan gangguan kesehatan yang juga dapat meningkatkan seseorang untuk terkena osteoporosis di usia muda.

Nah, daripada penasaran, di bawah ini adalah beberapa penyebab osteoporosis pada usia muda pada pria dan wanita yang berhasil kami rangkum dari berbagai situs kesehatan, salah satunya hellosehat.com.

Faktor Penyebab Osteoporosis Pada Usia Muda Pada Pria dan Wanita

Dengan Anda mengatahui beberapa faktor penyebab osteoporosis pada usia muda di bawah ini, Anda diharapkan bisa melakukan pencegahan sedini mungkin agar terhindar dari risiko terkena osteoporosis.

Penyebab Osteoporosis Pada Usia Muda

Copyright : rxwiki.com

Beberapa faktor yang dapat menyebabkan seseorang terkena osteoporosis di usia muda antara lain:

1. Kurangnya asupan kalsium dan mineral lainnya

Kalsium merupakan salah satu mineral yang sangat dibutuhkan untuk pembentukan tulang disamping mineral lainnya dan kolagen. Nah, asupan kalsium yang rendah dicurigai sebagai salah satu pemicu terjadinya pengeroposan tulang pada usia muda.

Kalsium tidak hanya bisa Anda dapatkan dari susu saja, kok. Ada beberapa jenis sayuran dan ikan yang juga merupakan sumber kalsium yang baik.

2. Efek konsumsi obat-obatan tertentu

Tahukah Anda, bahwa konsumsi obat-obatan jenis tertentu, apalagi dalam waktu yang lama ternyata bisa mempengaruhi kepadatan tulang yang akhirnya meningkatkan risiko osteoporosis pada usia muda, lho.

Dr. dr. Fiastuti Witjaksono, MSc. MS. Sp.GK. Seperti dikutip dari laman detikHealth mengatakan bahwa, osteoporosis pada usia muda bukan semata-mata karena faktor fisiologis saja. Tapi, juga karena obat yang dikonsumsi, misalnya kortiko steroid yang biasa diminum penderita asma dapat membuat penyerapan kalsium oleh tulang berkurang.

3. Gangguan hormon

Penyebab osteoporosis pada usia muda lainnya adalah gangguan hormon. Pasalnya, ada beberapa hormon di dalam tubuh yang ternyata bisa mempengaruhi proses pembentukan maupun penghancuran tulang.

Maka dari itu, gangguan pada hormon tertentu bisa meningkatkan risiko seseorang untuk mengalami osteoporosis di usia muda. Beberapa gangguan hormon tersebut meliputi:

  • Cushing’s syndrome. Salah satu gangguan pada hormon adrenal
  • Gangguan pada kelenjar hipofisis (pituitari)
  • Hiperparatiroidisme
  • Hipertiroidisme
  • Penurunan hormon seks, estrogen pada wanita dan testosteron pada pria

4. Amenorea atau gangguan menstruasi

Pada wanita, risiko osteoporosis juga dipengaruhi oleh siklus menstruasi. Menderita amenorea yang mana membuat seorang wanita tidak mengalami menstruasi dalam waktu yang lama bisa menyebabkan penurunan kadar estrogen.

Sementara estrogen sendiri termasuk salah satu hormon yang dapat berpengaruh pada proses pembentukan dan penghancuran tulang.

5. Penyakit lainnya

Anda yang sebelumnya memang mengalami penyakit tertentu, seperti lupus ataupun celiac memiliki risiko yang tinggi untuk menderita osteoporosis di usia muda. Beberapa penyakit lainnya adalah:

  • Kanker
  • Radang usus
  • Radang sendi
  • Penyakit ginjal, dan
  • Penyakit hati atau liver

Nah, itulah beberapa kondisi yang menjadi penyebab osteoporosis pada usia muda, baik pada pria maupun wanita. Semoga, informasi di atas dapat membantu, ya 🙂

Apakah Osteoporosis Pada Usia Muda Bisa Dicegah?

Setiap penyakit bisa dicegah. Pun dengan osteoporosis. Seperti pepatah tua yang mengatakan lebih baik mencegah dari mengobati.

Nah, untuk mencegah terjadinya osteoporosis di usia muda, ada beberapa kebiasaan yang harus Anda ubah. Diantaranya:

  • Lakukan olahraga teratur. Beberapa olahraga, seperti basket, sepak bola, lari dan angkat beban dapat membantu Anda menguatkan tulang.
  • Tidak merokok
  • Menghindari alkohol dalam bentuk apapun, baik dalam makanan maupun minuman, termasuk cocktail.
  • Stop konsumsi soda dan minuman sejenisnya
  • Cukupi kebutuhan kalsium dan vitamin D
  • Perbanyak konsumsi makanan sehat, terutama buah dan sayur
  • Istirahat dengan cukup

Di samping itu, Anda juga bisa mengonsumsi suplemen penguat tulang. Untuk mencegah pengeroposan tulang atau osteoporosis pada usia muda secara alami, Anda bisa menggunakan Gamat Emas Kapsul.

Selain kalsium, di dalam gamat emas juga terdapat kandungan mineral lainnya serta beberapa kandungan yang dibutuhkan oleh tulang, termasuk kolagen dan vitamin D untuk membantu pembentukan tulang.

Informasi khasiat lebih lengkapnya, silakan kunjungi : Suplemen Penguat Tulang Pencegah Osteoporosis

Jangan lupa bantu share jika dirasa informasi mengenai penyebab osteoporosis pada usia muda di atas bermanfaat untuk orang lain 🙂

SALAM SEHAT

Penyebab Osteoporosis Pada Usia Muda

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *


SEO Powered By SEOPressor